Pin It

30 April 2015

Perbandingan Kinerja Enam Bulan Pertama Pemerintahan Jokowi Vs SBY

Kebijakan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla menyediakan layanan publik menuai dukungan dari masyarakat. Publik menilai positif kinerja pemerintahan Jokowi-JK di bidang kesejahteraan sosial selama enam bulan terakhir. Ini terutama dalam menyediakan layanan pendidikan dan kesehatan. Ketika kondisi ekonomi sebuah pemerintahan dinilai tidak memuaskan, umumnya akan diikuti dengan naiknya ketidakpuasan publik pada kinerja bidang kesejahteraan sosial.


Namun, ada perbedaan untuk enam bulan periode pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Angka penilaian pada bulan keenam ini tidak berbanding lurus dengan penilaian kinerja pemerintah di bidang ekonomi yang melorot. Sebagaimana diulas pada tulisan evaluasi pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla bidang ekonomi (Kompas, 29/4), hanya 25,4 persen responden yang menyatakan puas terhadap kinerja pemerintah di bidang ekonomi. Hampir tiga perempat bagian responden menyatakan ketidakpuasannya.

Hampir tiga perempat bagian responden menyatakan ketidakpuasannya. Namun, hasil survei tatap muka yang dilakukan Litbang Kompas, pertengahan April lalu, mencatat, rata-rata tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah di bidang kesejahteraan sosial (kesos) justru mencapai 61,9 persen. Proporsi ini hampir  sama dengan penilaian kinerja pemerintah pada triwulan pertama Januari 2015.

Jika ditelusuri lebih lanjut, kinerja pemerintah di bidang pendidikan dan kesehatan jadi penopang apresiasi positif oleh publik. Setidaknya dari dua kali survei, yaitu di era tiga bulan dan enam bulan pemerintahan, kedua bidang ini mendapatkan apresiasi yang relatif tinggi dengan rata-rata sebanyak 64 persen responden menyatakan puas pada kinerja pemerintah.

Sejumlah indikator yang berdekatan, yakni pemenuhan kebutuhan pokok sebagai isu di bidang ekonomi serta pemenuhan kebutuhan sosial, seperti pendidikan dan kesehatan, boleh jadi memicu sentimen publik yang sama pada kedua bidang ini. Bedanya, isu ekonomi dipenuhi oleh sentimen negatif berupa kenaikan tarif dan harga kebutuhan.

Sementara isu bidang pendidikan dan kesehatan justru sebaliknya, yaitu terjadi "penggratisan" oleh negara. Jika dibandingkan dengan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, penilaian bidang kesos di enam bulan pertama pemerintahan Jokowi-Kalla lebih baik daripada pencapaian SBY-Kalla (2004-2009).

Pada era SBY-Kalla, bidang kesos hanya diapresiasi 41,4 persen responden. Proporsi penilaian yang sama terjadi di enam bulan periode pemerintahan SBY-Boediono (2009-2014) saat tingkat kepuasan berkisar 45 persen. Di sisi lain, patut dilihat bahwa relatif kuatnya penilaian atas kinerja kesos pemerintahan Jokowi-Kalla saat ini ditopang pula oleh kondisi sosial yang secara umum relatif aman dan terkendali. Akibatnya, ketidakpuasan terhadap sejumlah langkah hukum dan harga kebutuhan pokok belum membuat publik pupus harapan dan kepercayaan pada langkah-langkah pemerintah.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 comments

AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

IONQQ- Bandar Online Poker-Domino menyediakan
- POKER
- BANDARQ
- DOMINO99
-bandar poker
minimal deposit atau withdraw 20,000 :)
ayo segera bergabung bersama kami di ionqq

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Terima Kasih